5 Cara Sederhana Merawat Kamera DSLR Agar Tetap Awet

  • Whatsapp
5-Cara-Sederhana-Merawat-Kamera-DSLR-Agar-Tetap-Awet

Anda tentu kerap mengabadikan momen-momen berharga salah satunya menggunakan kamera. Ada beragam kamera yang dijual di pasaran, mulai dari Gopro hingga DSLR. Canon DSLR menjadi kamera yang paling banyak diminati, selain berkualitas juga terlihat keren saat digunakan untuk memotret.

Peminat dunia fotografi memang kian bertambah, baik sekadar hobi maupun menjadikannya peluang usaha. Bagi Anda yang mempunyai kamera, sebaiknya mengetahui cara merawat kamera agar berumur panjang sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

Merawat Kamera DSLR

Jika Anda menyukai fotografi dan memilih kamera DSLR, rawatlah agar bisa berfungsi dengan baik dan menghasilkan jepretan berkualitas. Kamera bukanlah benda murah sehingga sangat sayang jika kamera tersebut rusak. Sekelas Canon DSLR yang terbukti bagus pun bisa rusak jika tidak dirawat secara tepat. Berikut ini adalah tips sederhana dalam perawatan kamera DSLR Anda.

1. Jauhi air dan kelembaban

Tidak hanya bagi kamera DSLR, air merupakan musuh utama semua alat elektronik. Bahkan kamera yang berlabel waterproof pun tidak boleh terpapar air terlalu sering karena bisa membuat cepat rusak.

Anda juga perlu menjauhkan kamera DSLR dari tempat dengan kelembaban tinggi, karena uap air lebih berbahaya dari air itu sendiri. Uap air yang masuk ke dalam internal kamera dapat menimbulkan jamur dan menimbulkan kerusakan. Oleh karena itu, saat bepergian usahakan selalu membawa tempat kamera, agar saat tidak digunakan, kamera tetap berada di tempatnya.

2. Merawat baterai kamera

Baterai yang digunakan kamera DSLR adalah litium yang bisa diisi ulang secara terus-menerus, namun dalam jumlah yang terbatas. Setelah mengalami recharge kurang lebih 500 kali, baterai biasanya akan mengalami penurunan kemampuan menyimpan daya. Pada kondisi ini, baterai kamera akan lebih cepat habis meskipun belum digunakan untuk mengambil banyak foto.

Untuk mengatasi baterai yang sudah bermasalah, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Selain itu, hindari menaruh kamera maupun baterainya pada tempat dengan temperatur melebihi 43o C agar internal baterai tidak mudah rusak.

3. Membersihkan Lensa Kamera

Merawat lensa agar tetap jernih menjadi hal yang penting Anda lakukan karena mempengaruhi hasil foto agar terlihat jernih pula. Perlu Anda ketahui bahwa membersihkan lensa harus menggunakan lap microfiber (lembut) dan cairan khusus, karena air biasa bisa saja mengandung mineral yang dapat merusak lensa.

Selain itu hindari membersihkan lensa menggunakan jari karena jari cenderung mengandung minyak sehingga bisa mengurangi kejernihannya. Terakhir, selalu gunakan tutup lensa saat kamera tidak digunakan agar debu tidak masuk.

4. Menghindari Paparan Langsung Sinar Matahari

Meskipun kamera DSLR didesain memiliki ketahanan terhadap rentang suhu tertentu, tetap hindari meletakkannya pada tempat yang terpapar langsung sinar matahari jika ingin awet. Sinar matahari dapat merusak lapisan pada kamera yang menjaga internalnya agar tidak dapat dimasuki secara langsung oleh debu dan air. Sinar UV juga dapat membuat cat kamera memudar sehingga warnanya tidak lagi mulus. Maka dari itu, saat memotret di outdoor, bawalah tas kamera untuk mendinginkan DSLR Anda.

5. Merawat Tombol Kamera

DSLR dilengkapi dengan tombol sebagai pelengkap fitur-fiturnya, antara lain tombol menyalakan dan mematikan kamera, ISO, dan mengatur zoom. Untuk menjaga keawetan tombol tersebut, tekanlah secara halus, bukan dengan tenaga penuh. Sedangkan jika tombol tersebut macet, sebaiknya bawa ke tempat service agar dapat ditangani secara tepat.

Itulah lima tips agar kamera DSLR Anda tetap awet dan berumur panjang. Kamera seperti Canon DSLR memang banyak diminati, karena memiliki desain yang keren dan fitur mumpuni. Jika telah memiliki kamera DSLR, rawatlah secara tepat agar kinerjanya tetap stabil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *