5 Kesalahan Fatal Mencuci Motor Sendiri

  • Whatsapp
5-Kesalahan-Fatal-Mencuci-Motor-Sendiri
Foto dari Canva Pro

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor. Salah satunya adalah dengan mencucinya secara berkala. Mencuci motor terlihat seperti bukan hal yang rumit. Cukup sediakan sabun, sikat, lap dan air, semuanya akan beres dalam waktu beberapa menit. Namun, mencuci Motor Yamaha  sebenarnya tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar motor tidak rusak.

Mencuci motor di tempat cuci steam kemungkinan besar dikerjakan dengan tepat. Motor Anda akan dibersihkan oleh orang paham dengan perawatan motor. Jadi, mereka akan melakukannya dengan sangat hati-hati agar tidak ada mesin atau body motor yang rusak. Selain itu, biasanya mereka juga akan menambahkan polesan semir untuk bannya agar motor terlihat lebih kinclong.

Kesalahan dalam mencuci motor

Jika Anda bisa melakukannya persisi seperti yang dilakukan di tempat cuci steam, tentu tidak masalah. Namun, bagi Anda yang pertama kali mencuci motor sendiri tentu saja harus lebih apik dan berhati-hati. Setidaknya, ada enam kesalahan umum yang sering terjadi saat mencuci motor sendiri, yaitu sebagai berikut.

1. Menggunakan Sabun Pencuci Piring

Orang biasanya lebih suka mencuci piring menggunakan sabun colek. Katanya, dengan bahan ini motor bisa lebih bersih dan kotoran bisa terangkat lebih maksimal. Meskipun benar demikian, nyatanya sabun cuci piring tidak bagus untuk bodi motor. Kandungan pembasmi lemaknya bisa membuat cat bodi motor cepat kusam. Oleh karena itu, ada baiknya menggunakan sampo saja agar lebih aman.

2. Menggunakan Air Semprotan Bertekanan Tinggi

Mencuci motor menggunakan air mengalir tentu saja akan lebih mudah. Dibandingkan dengan mengguyur, proses pembilasan menggunakan selang akan lebih praktis dan cepat. Namun, hal yang perlu Anda perhatikan saat mencuci Motor Yamaha adalah tidak menggunakan air semprotan bertekanan tinggi. Ini mengakibatkan berbagai komponen motor rusak seperti busi, komponen kelistrikan, dan lain sebagainya.

3. Mencuci Motor Saat Mesin Masih Panas

Anda sebaiknya tidak terburu-buru saat akan mencuci motor. Sebaiknya, tunggu beberapa menit sampai mesin motor menjadi dingin. Jangan sampai Anda mencucinya sesaat setelah digunakan. Mencucinya dalam keadaan mesin masih panas hanya akan merusak bagian pangkal knalpot dan blok mesin. Selain itu, mesin yang panas juga bisa mengenai tangan dan itu sangat berbahaya.

4. Langsung Membersihkan Bodi

Kesalahan umum lainnya yang sering dilakukan adalah mencuci langsung bodi motornya. Ini sebenarnya tidak disarankan. Pada bodi motor yang sering digunakan, ada banyak debu dan kotoran yang menempel, salah satunya dalam bentuk kerikil atau pasir-pasir lembut. Jika langsung dibersihkan, kemungkinan besar bodi motor Anda akan tergores. Jadi, ada baiknya semprotkan air terlebih dahulu ke seluruh permukaan motor.

5. Menyemprot Rantai dengan Air Bertekanan

Menyemprotkan air bertekanan langsung pada rantai tidak dianjurkan. Ini bisa mengakibatkan pelumas pada rantai rontok, sehingga performanya akan berkurang. Selain itu, minyak pada rantai akan terpercik pada bagian bodi yang lain yang menyebabkan noda baru.

Oleh karena itu, bersihkan rantai dengan cara mencampur sabun cuci dengan bensin, lalu percikan ke rantai. Lalu, sikat secara perlahan dan bilas dengan air bersih.

Itulah lima kesalahan umum yang sering terjadi saat membersihkan motor. Dengan membersihkan motor dengan tepat, motor Anda akan lebih awet dan tahan lama. Ini juga berlaku jika Anda baru saja atau akan membeli motor Yamaha. Cek harganya sekarang juga di e-commerce kesayangan Anda dan dapatkan penawaran menariknya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *